Sri Mulyani katakan Pendidikan Adalah Hal Yang Diutamakan

Daya saing Indonesia turun 5 rangking dalam daftar negara paling bersaing di dunia. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati ungkap tanda Sumber Daya Manusia (SDM) sebagai masalah daya saing Indonesia turun.

Sri Mulyani katakan, SDM yang dipunyai Indonesia sebagian besar cuma lulusan SD serta SMP. Karena itu, Bekas Direktur Pelaksana Bank Dunia ini mempunyai beberapa langkah untuk tingkatkan kualitas SDM Indonesia.

“Pertama dengan budget pendidikan yang sampai lebih dari Rp 508 triliun untuk tahun kedepan,” kata Sri Mulyani di Tanjung Pasir, Tangerang, Jumat (11/10/2019).

Joko Widodo ke Singapura, Masalah Negara Sekaligus Hadiri Wisuda Kaesang?

Selanjutnya yang ke-2, kata Sri Mulyani, pemerintah akan terus memberi stimulan pada wilayah supaya mereka dapat makin baik di mengangkat pendidikan. Karena, budget pendidikan itu dilakukan oleh pemda.

“Yang ke-3, kita akan menolong dengan stimulan fiskal yakni fungsi dari swasta untuk dapat lakukan kursus vokasi terhitung, hingga kualitas dari SDM Indonesia semakin diperbaiki,” tuturnya.

Yang paling akhir, lebih Sri Mulyani, pembangunan sekolah sampai universitas selalu diawasi secara baik lewat budget berbelanja di kementerian serta instansi.

“Kita mendiversifikasikan pembiayaan kita hingga kita dapat dapat membuat sarana pendidikan dengan bertambah cepat lewat publik privat partnership,” katanya.