Kementerian BUMN Perlu Anggota Kerja di Bagian IT Sampai Akuntasi

Tubuh usaha punya negara (BUMN) perlu banyak karyawan baru. Kementerian BUMN juga menginformasikan akan kembali dibuka seleksi program penerimaan Data Sgp bersama dengan (PPB) tahun ini. Ketua Komunitas Human Capital Indonesia (FHCI) Herdy Rosadi menjelaskan, sekarang masing-masing perusahaan negara sedang mengalkulasi keperluan karyawan baru. Ada banyak tempat kerja yang paling dibutuhkan.

“Di semua bidang umumnya yang banyak, yang umum ya IT, akuntan, manajemen,” katanya pada fam-online.org Jakarta, Kamis (29/8/2019). Menurut dia tempat kerja di atas lumayan banyak dibutuhkan jika lihat usaha yang ditempuh BUMN sekarang. “Jadi kan bergantung nature bisnisnya BUMN itu rintangan ia ke depan. Jika ia concern-nya mengatur IT ia perlu IT, jika ia ingin pembenahan bagian akuntansi sebab ia memerlukan yang diini ya akuntan,” tuturnya.

Tetapi itu tidak merepresentasikan semua BUMN yang ada. Pasalnya setiap perusahaan punyai keperluan yang bermacam. Keperluan karyawan baru ini terbanyak untuk menjaring lulusan baru atau fresh graduate, bukan untuk tempat dengan jabatan yang tinggi.

Baca juga : 5 PENJELASAN SAHABAT INI DAPAT MENUNTUN SAHABAT YANG KAMU CARI

“Contohnya Kereta Api misalnya apa, keperluan masinis, service, kereta api kan berkembang tuch. Ia perlu orang di service, konsumen service, gitu-gitu lah. Sesuai perubahan BUMN-nya semasing,” imbuhnya. Sekretaris Kementerian BUMN Imam Apriyanto Putro awalnya menjelaskan, tahun ini telah dikerjakan PPB gelombang pertama serta akan diikuti gelombang ke-2.

“Tahun ini mungkin masih ada batch ke-2. Ini baru batch pertama,” katanya di Kementerian BUMN, Jakarta, Jumat (23/8/2019). Ia menjelaskan, berdasar Gagasan Kerja serta Budget Perusahaan (RKAP) tahun ini, BUMN-BUMN yang ada memerlukan karyawan baru sampai 11 ribu. Dari keperluan itu beberapa telah dipenuhi. “Harusnya tahun ini sesuai gagasan budget perusahaan itu BUMN perlu seputar 11 ribu karyawan baru,” ucapnya.